ESTETIS

(Eliminating Stigma and Discrimination Rising Awareness about HIV and AIDS)

SCORA CIMSA FK UNRI

Halo CIMSA!

CIMSA FK UNRI sukses menggelar ESTETIS (Eliminating Stigma and Discrimination, Rising Awareness About HIV & AIDS) pada 11 Desember 2021.  Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting untuk webinar, kampanye dengan menggunakan poster di Instagram @cimsaunri, dan eksperimen sosial yang dilakukan secara langsung.

Pada tanggal 1 Desember disetiap tahunnya, dunia memperingati Hari AIDS Sedunia. Orang-orang di seluruh dunia bersatu untuk menunjukkan dukungan bagi orang yang hidup dengan HIV dan untuk mengingat mereka yang telah meninggal karena penyakit AIDS.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, sejak pertama kali dilaporkan pada tahun 1997 hingga saat ini kasus HIV di Provinsi Riau semakin meningkat setiap tahunnya. Penyakit HIV merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, artinya penderita HIV yang terdeteksi pada tahun sebelumnya akan menjadi kasus kumulatif  HIV pada tahun berikutnya.

Oleh karena itu, SCORA CIMSA UNRI mengadakan ESTETIS (Eliminating Stigma and Discrimination, Rising Awareness About HIV & AIDS).  ESTETIS memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS, menghilangkan stigma dan diskriminasi, serta meningkatkan kesadaran para penyintas HIV/AIDS.

Gambar 1 : Poster CIMSA UNRI untuk informasi ESTETIS

 

seluruh panitia. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Senin, 22 November 2021 pukul 16.00 – 17.00 WIB. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh panitia (OC) dan materi disampaikan oleh salah satu Trainer dari CIMSA FK UNRI yaitu Syafira Nanda Fitria dari SCORA. Pelatihan ini juga memiliki pre-test dan post-test untuk mengetahui pengetahuan OC tentang topik yang telah dibahas.

Kegiatan ini terdiri dari tiga bagian utama. Bagian pertama adalah kampanye. Untuk mengedukasi masyarakat tentang HIV&AIDS, kami sudah membuat serial twibbon dan reels di instagram @cimsaunri.

Gambar 2 : Webinar ESTETIS

Gambar 3 : Tanya jawab bersama dr. Imawan Hardiman, SpKK, FINSDV dan dr. Dewi Afrisanty, Sp.KJ

Gambar 4 : Foto bersama

Bagian kedua adalah webinar. Sesi pertama dibagikan oleh dr. Imawan Hardiman, SpKK, FINSDV dengan topik ‘Kesadaran Tentang HIV&AIDS’. Sesi kedua dibagikan oleh dr. Dewi Afrisanty, SpKJ, dengan topik ‘Stigma dan Diskriminasi HIV/AIDS’.

Gambar 5 : Eksperimen sosial yang diselenggarakan di Taman Kaca Mayang Sudirman, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

 

Gambar 6 : Eksperimen sosial yang diselenggarakan di Taman Kaca Mayang Sudirman, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Bagian ketiga adalah eksperimen sosial yang dilakukan secara langsung yang diselenggarakan di Taman Kaca Mayang Sudirman Pekanbaru. Untuk mengetahui pengetahuan masyarakat, menghilangkan stigma dan diskriminasi tentang HIV/AIDS, dan mengedukasi pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS.

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment