TECENTRIQ

(It’s time to raise awareness on breast cancer and cervical cancer for women’s quality life)

SCORA CIMSA FK UNRI

Halo CIMSA!

CIMSA FK UNRI sukses menyelenggarakan TECENTRIQ (Saatnya Meningkatkan Kesadaran Kanker Payudara dan Serviks untuk Kualitas Hidup Wanita) pada 23 Oktober 2021. Kegiatan ini diadakan secara online melalui Zoom Meeting dan offline untuk meningkatkan kesadaran perempuan seputar kanker payudara dan serviks.

Setiap tahun pada tanggal 26 Oktober, dunia memperingati Hari Kanker Payudara dan Serviks. Orang-orang di seluruh dunia bersatu untuk menunjukkan dukungan bagi orang-orang yang hidup dengan kanker payudara dan serviks dan untuk mengingat mereka yang telah meninggal karenanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, kanker payudara menempati urutan pertama dengan 325 kasus dari 580 kasus di Irna Bedah Cendrawasih tahun 2016. Diketahui jumlah kunjungan pasien kanker payudara tahun 2016 berjumlah 1286 kunjungan, meningkat menjadi 2.511 pada tahun 2017 dan menurun menjadi 2.495 pada tahun 2018. Kanker payudara merupakan masalah bagi wanita di seluruh dunia termasuk Indonesia yaitu 38 per 100.000 wanita.

Oleh karena itu, SCORA CIMSA UNRI mengadakan TECENTRIQ (Saatnya Meningkatkan Kesadaran Kanker Payudara dan Serviks untuk Kehidupan Wanita yang Berkualitas). TECENTRIQ memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan perempuan tentang Kanker Payudara dan Serviks.

Gambar 1 : Poster CIMSA UNRI untuk informasi TECENTRIQ

 

Sebelum kegiatan TECENTRIQ dimulai, terlebih dahulu diadakan pelatihan bagi seluruh panitia. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Senin, 22 Oktober 2021 pukul 16.00 – 17.00.  Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh panitia (OC) dan materi disampaikan oleh salah satu Trainer dari CIMSA FK UNRI yaitu Syabrina Adiguna dari SCORA. Pelatihan ini juga memiliki pre-test dan post-test untuk mengetahui pengetahuan OC tentang topik yang telah dibahas.

Gambar 2 : Kampanye kanker oayudara dan cerviks ke masyarakat

Kegiatan terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama adalah kampanye twibbon. Untuk mengedukasi masyarakat tentang Kanker Payudara dan Serviks, kami sudah membuat twibbon di instagram @cimsaunri.

Bagian kedua adalah kampanye pendidikan. Kampanye ini dibagikan oleh seluruh komite (OC) untuk perempuan di sekitar mereka, seperti memberitahukan hal tentang kanker payudara dan serviks kepada ibu, adik, tante, dan tetangga perempuan mereka. Hal ini sangat direspon dengan baik oleh masyarakat.

Gambar 3 : Kampanye kanker oayudara dan cerviks ke masyarakat

 

Gambar 4 : Kampanye kanker oayudara dan cerviks ke masyarakat

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment