ELISE

(Early Learning Importance for Sexual Education)

SCORA CIMSA FK UNRI

Halo CIMSA!

Kegiatan LPET II & III sukses digelar dengan tema Pendidikan Seksual Komprehensif, ELISE (Early Learning Importance for Sexual Education) pada tanggal 7 November 2021, mulai pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB Kegiatan ini digelar untuk mengedukasi masyarakat khususnya mahasiswa Universitas Riau tentang pentingnya pendidikan seksual yang memungkinkan kaum muda untuk mengetahui dan melindungi tubuh mereka dan juga menghormati kesetaraan dan memberdayakan masyarakat.

Apa saja sih yang dibahas dalam acara kali ini? Nah, acara kali ini membahas tentang Pendidikan Seksual Komprehensif  yang terdiri dari pemahaman anatomi dan kesehatan reproduksi, pubertas, pengendalian kelahiran, pemahaman dan menghormati kesetaraan, tetap aman, dll. Mengenal seks adalah sesuatu yang tidak diucapkan secara terbuka dalam kenyataan, tetapi dengan kampanye ini, kami berharap anggota dan juga mahasiswa Universitas Riau dapat memahami bagaimana menjaga kehidupan sosial kita yang sehat dan bahagia, kebutuhan, dan rasa hormat sebagai manusia.

Kegiatan ini erat kaitannya dengan apa yang terjadi di lingkungan Universitas Riau. Diskusi yang diadakan di penghujung acara berlangsung sangat interaktif, membahas kasus-kasus pelecehan seksual yang terjadi dan bagaimana kita harus berpihak pada korban untuk berani melawan. Pembicara kami telah memberi kami banyak contoh, pengetahuan, dan diskusi menarik tentang topik yang sangat penting saat ini.

 

Gambar 1 : Poster CIMSA UNRI untuk informasi ELISE

 

Sebelum kegiatan dilaksanakan, CIMSA FK UNRI mengadakan pelatihan pra kegiatan mengenai pengetahuan dasar tentang topik Pendidikan Seksual Komprehensif. Pelatihan diberikan oleh trainer kami, Salsa Wiratama Risman dari SCORA. Pelatihan tersebut membahas tentang Pendidikan Seksual Komprehensif, tentang apa itu, hal-hal yang harus kita ketahui tentang pengendalian kelahiran dan banyak lagi. Pelatihan ini juga memiliki pre-test dan post-test untuk mengetahui pengetahuan OC tentang topik yang telah dibahas.

Gambar 2 : Penyampaian materi oleh Ni Luh Eka Purni Astiti

Kegiatan ini awalnya dibuka dengan sambutan dari project officer, loco CIMSA FK Universitas Riau, dan wakil dekan Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian pre-test tentang Pendidikan Seksual Komprehensif, presentasi tentang Pendidikan Seksual Komprehensif oleh Ni Luh Eka Purni Astiti, dan Anatomi dan Kesehatan Reproduksi oleh Annanisa Ilma. Terjadi diskusi sesaat setelah penyampaian materi dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan moderator untuk ELISE (Early Learning Importance for Sexual Education) 2021. Sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan e – sertifikat, peserta harus mengisi formulir post-test. ELISE berakhir setelah diambil foto bersama dengan peserta acara ELISE.

Gambar 3 : Penyampaian materi oleh Annanisa Ilma Putriherlina

Gambar 4 : Sesi foto bersama

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment