METHANOL

(Mental Health on Discussed for Anxiety and Depression Among Youth Life)

SCOPH CIMSA FK UNRI

Halo CIMSA!

Kabar Gembira setelah mampu menyelesaikan sebuah acara. CIMSA FK UNRI sukses menggelar METHANOL pada Sabtu, 9 Oktober 2021 dari pukul 10.00 – 13.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dikarenakan situasi COVID-19 yang masih terjadi serta untuk mengantisipasi adanya pelonjakan kasus juga dikarenakan masih adanya larangan untuk berorganisasi dalam jumlah besar untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Dewasa ini kecemasan dan depresi adalah dua masalah kesehatan mental yang sangat umum. Namun demikian, kebanyakan orang tidak tahu apa perbedaan di antara mereka. Faktanya, mendapatkan diagnosis yang akurat tentang kondisi mental sangat penting untuk dilakukan pengobatan.

Gambar 1: Poster CIMSA FK UNRI untuk informasi tentang METHANOL

Menurut WHO, depresi adalah salah satu penyebab utama kecacatan. Sangat kita ketahui bahwa banyak para pemuda melakukan bunuh diri, bukankah mereka seharusnya menjadi pelopor baru bangsa ini? Bunuh diri menjadi penyebab utama nomor dua kematian di antara usia 15-29 tahun. Orang dengan kondisi kesehatan mental yang parah meninggal sebelum waktunya sebanyak dua dekade lebih awal, karena kondisi fisik yang dapat dicegah. Data ini menunjukkan bahwa masalah kesehatan mental harus segera diselesaikan.

Oleh karena itu, SCOPH CIMSA FK UNRI mengadakan METHANOL (Mental Health on Discussed for Anxiety and Depression Among Youth Life). METHANOL bertujuan untuk menjelaskan hal-hal yang perlu diketahui peserta khususnya remaja tentang pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. Sehingga dapat meminimalisir jumlah gangguan kesehatan jiwa dan mengutamakan di daerah Pekanbaru sendiri.

Sebelum kegiatan METHANOL dimulai, ada pelatihan terlebih dahulu untuk semua panitia. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 September 2021 pukul 10.00 WIB – 11.45 WIB. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh panitia (OC) dan materi disampaikan oleh salah satu Trainer dari CIMSA FK UNRI yaitu Raihanah Zahroh dari SCOPH. Materi yang disampaikan adalah Pengertian, Gejala, Penyebab dan Akibat, serta Pencegahan Kecemasan dan Depresi.

Kegiatan ini terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama adalah mengadakan kampanye. Dalam rangka mengkampanyekan kesehatan jiwa kepada masyarakat, telah dibuat twibbon dan kuis di instagram @cimsaunri tentang kesehatan jiwa. Bagian kedua adalah mengadakan webinar.

Gambar 2: Update Instagram CIMSA FK UNRI untuk informasi tentang METHANOL

Sesi kedua adalah sharing oleh dr. Levina Mutia, Alumni CIMSA FK UNRI 2011. Topik yang diangkat adalah tentang cara mengatasi kecemasan dan depresi. Di sesi terakhir diadakan workshop “Cara Menjadi Mindfullnes dengan Relaksasi” yang melibatkan peran peserta.Webinar ini terdiri dari dua sesi. Sesi pertama adalah sharing oleh M. Mahrus Afif, S.Psi, dari Satu Persen Indonesia Life School. Topiknya tentang Kesehatan Mental untuk Remaja. Informasi yang diberikan terdiri dari masalah kesehatan mental, penyebab dan gejala depresi, serta cara mengatasinya.

Gambar 3&4: Diskusi oleh para pembicara

 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment